Amankah Menggunakan Pampers Setiap hari pada Bayi?

Orami kali ini mengadakan promo Merries untuk ibu yang suka membeli popok untuk buah hatinya. Sudah menjadi hal yang lumrah jika bayi menggunakan popok setiap hari. Selain memudahkan si ibu, penggunaan popok juga akan membuat ibu lebih hemat cucian.

Namun, tahukah Anda jika menggunakan popok pada bayi secara berlebihan itu berbahaya. Nah, kali ini akan dibahas tentang amankah menggunakan pampers setiap hari pada bayi. Untuk lebih jelasnya, simak di bawah ini.

Menggunakan Popok Terlalu Lama dapat Menyebabkan Ruam

Tahukah Mom, menggunakan popok terlalu lama pada bayi karena ibu malas menggantinya bisa mengakibatkan ruam. Kebanyakan ibu juga menunggu popok penuh terlebih dahulu baru mengganti popoknya.

Kebiasaan yang buruk ini tentunya sangat tidak baik dan bisa berdampak menimbulkan ruam. Adanya ruam ini juga akan membuat bayi merasa tidak nyaman terutama di bagian pantatnya. Bagian pantat bayi akan terasa perih, lebih sensitif, kemerahan, dan juga muncul bintik-bintik merah yang berada di sekitar paha dan bahkan perut bayi.

Ruam pada kulit bayi akibat menggunakan popok ini juga bisa disebabkan terjadinya infeksi. Infeksi ini bisa terjadi ketika bayi sudah pipis terlalu lama dan popok sudah penuh namun tak kunjung diganti. Akibatnya, urine bayi ini akan mengubah pH dari kulit dan dapat menumbuhkan jamur dan bakteri.

Menggunakan popok terlalu lama juga bisa mengakibatkan penghambatan sirkulasi udara di bagian pantat yang membuatnya menjadi lembap. Nah, perkembangan bakteri dan jamur inilah yang nantinya menyebabkan munculnya ruam.

Lantas, Bagaimana Cara Mencegah Munculnya Ruam

Pada dasarnya, menggunakan pampers pada bayi setiap hari tidaklah berbahaya jika Mom menggunakannya dengan tepat. Maksudnya di sini adalah penggunaan popok pada bayi tidak terlalu lama.

Jangan pernah biarkan bayi menggunakan popok terlalu lama dan bahkan sampai bocor. Adapun untuk mencegah munculnya ruam ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Segera ganti popok jika sudah kotor atau sudah penuh. Jika sudah jangan lupa untuk membersihkan bagian pantat bayi secara menyeluruh dari bagian depan hingga ke bagian belakang. Caranya lakukan dengan bagian depan terlebih dahulu baru ke belakang dan jangan terbalik. Apalagi jika bayi Anda perempuan karena ini bisa mengakibatkan terjadinya penyebaran bakteri.
  • Sebelum pantat bayi kering, pastikan Anda tidak langsung menggunakan popok pada bayi. Coba keringkan terlebih dahulu dengan menggunakan handuk dengan cara ditepuk dengan lembut. Jangan pernah menggosok pantat bayi dengan menggunakan handuk karena hal ini juga bisa mengakibatkan terjadinya iritasi.
  • Hindari pemakaian popok yang ketat, mengapa? Sebab hal ini bisa mengakibatkan tidak adanya sirkulasi udara di area kulit bayi. Dengan demikian akan terjadinya gesekan antara popok dengan kulit yang bisa menyebabkan iritasi.

Nah, untuk mom yang sedang mencari pampers tepat untuk si buah hati, yuk gunakan Merries. Ada banyak promo Merries yang bisa Anda temukan di Orami. Ini adalah pampers yang berkualitas dengan sirkulasi udara yang bagus, sehingga tidak menimbulkan ruam dan aman digunakan sehari-hari.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*