5 Penyebab Ruam Popok Pada Bayi yang Harus Dihindari

Di era modern, para ibu yang memiliki bayi baru pasti sudah mempersiapkan segala kebutuhan sejak awal. Mereka memanfaatkan promo popok untuk mendapatkan popok berkualitas dengan harga terjangkau secara online. Tak hanya popok sekali pakai saja, clodi atau popok kain pun menjadi incaran. Memang perlu memiliki persediaan keduanya agar kesehatan area genital bayi tetap terjaga dengan baik.

Hal yang memicu masalah ruam popok

Ibu wajib mengetahui bahwa pemakaian popok sekali pakai yang terlalu intens, bisa membuat masalah baru yaitu ruam popok. Ruam popok adalah reaksi alergi pada kulit yang kemerahan, perih, sensitif, gatal, dan bintik merah kecil yang menyebar di area genital hingga perut pun. Agar tidak terjadi masalah kesehatan kulit pada bayi, sebaiknya Anda mengetahui 5 pemicu ruam popok yaitu :

1. Kebiasaan memakai diaper terlalu sering

Diaper memang lebih praktis dibandingkan popok kain sebab bisa membuat orangtua tidak perlu mengganti popok yang basah terlalu sering. Namun, Anda harus tahu bahwa pemakaian diaper yang terlalu sering bisa menyebabkan risiko ruam popok ini.

Apalagi pemakaian diaper melebihi batas jam yang telah disebutkan, misalnya popok hanya tahan sampai 10 jam, maka Anda harus melepas popok tersebut kurang dari waktu tersebut. Jika si kecil BAK terlalu sering, ganti popok lebih cepat tanpa perlu menunggu hitungan jam tersebut.

2. Tidak segera mengganti popok yang kena feses

Selain intensitas BAK yang terlalu sering perlu segera diganti, Anda juga harus tahu bahwa popok wajib diganti bila terkena feses. Jangan menunggu waktu lebih lama sebab bisa mengakibatkan bayi tidak nyaman hingga bakteri menyebar dari anus ke area intim.

3. Tidak membersihkan area genital dengan baik

Jika Anda tidak membersihkan sisa urine atau feses yang menempel dengan maksimal, maka kulit bayi yang sensitif rentan alami ruam popok. Anda wajib membasuh daerah rentan ruam popok dengan air hangat dan tisu bersih untuk mencegah bakteri feses masuk ke organ intim anak.

4. Pemakaian produk kimia

Anda memang bisa membeli kebutuhan si kecil di toko online perlengkapan bayi secara keseluruhan. Namun, tetap pilih produk yang tidak mengandung bahan kimia atau direkomendasikan untuk bayi dengan bahan khusus. Produk detergen, pewangi, sabun, tisu, bedak, dan lain-lain harus memperhatikan hal ini. Jika perlu gunakan salep khusus area selangkangan bayi guna mencegah ruam popok timbul, ya! Ruam popok bisa mengakibatkan ketidaknyamanan pada bayi sehingga ia menangis dan rewel seharian. Meski Anda bisa membeli promo popok yang menawarkan diskon murah, pastikan memilih produk yang sesuai kebutuhan bayi mulai jenis popok, ukuran dan kenyamanan. Asal Anda tidak memakai terus menerus, diaper bisa menjadi solusi pada masa penghujan, sedangkan popok kain bisa membantu Anda menghemat anggaran bulanan, ya!

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*